WUJUDKAN FUNGSI DAWILHANLA. LANTAMAL VI MAKASSAR BERSAMA FKM UNHAS LAKSANAKAN KOMSOSMAR DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Makassarnews.id- Dalam rangka mewujudkan fungsi Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla). Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) dan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Sabtu (15/10/2022).

Kegiatan Komsosmar dan Pengmas ini, terselenggara dalam rangka Dies Natalis ke-40 FKM Unhas tahun 2022 dengan tema “Bersatu Bertransformasi Mendukung Ketahanan Kesehatan Bangsa Untuk Masyarakat Pulau”. FKM Unhas melaksanakan kegiatan ini sebagai wujud Pengabdian Masyarakat Pesisir dengan bekerja sama Lantamal VI.

Menurut Komandan Lantamal VI, Brigadir Jendral TNI (Mar) Amir Kasman, S.E., M.M, Kegiatan ini merupakan wujud dari sinergitas TNI AL ( Lantamal VI) dengan Masyarakat dalam hal ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas). Pada program Pengabdian Masyarakat FKM Unhas tersebut, Lantamal VI mendukung dan menfasilitasi kegiatan ini dengan transportasi berupa KAL Mamuju II-6-64 dan Patkamla Pulau Langkai II-6-63 untuk mengankut Personel dan Materiil yang dibutuhkan ke lokasi kegiatan.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Camat Kecamatan Sangkarrang Bapak Ramli Lailo, S.Pd dan dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH.,Ph.D. Menurut Dekan FKM Unhas, kegiatan ini dihapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pulau Barrang Lompo Kecamatan Sangkarang, sehingga dengan adanya Pengabdian masyarakat ini dapat mencapai tujuan ke- 3 dalam SDGs yaitu “Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya: Pemberian Sembako berupa beras dan gula serta pohon Kelor oleh Staf Dinas Potensi Maritim ( Dispotmar) Lantamal VI yang mewakili Komandan Lantamal VI dan Pemberian Sembako oleh Dekan FKM Unhas. Selain itu, dilaksanakan kegiatan Komsosmar berupa: Penyuluhan Hukum Laut dan perikanan oleh Staf Dispotmar Lantamal VI, Edukasi Kesehatan oleh Staf Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI, Pengobatan gratis & Konsultasi dokter spesialis, Skrining dan Penyuluhan Penyakit Tidak Menular, Penthahelix Germas mewujudkan Pulau Sehat di Barrang Lompo, Lifeskill Pencegahan Perilaku Bermasalah Pada Remaja, Literasi Kesehatan tentang Pencegahan Perilaku Bullying pada Siswa SMP, Edukasi Penecegahan Anemia Pada Remaja Putri, Edukasi Remaja Kespro pada Remaja Putri, Penyuluhan bahaya merokok & NAPZA, Edukasi DBD dengan 3M Plus, Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai BPJS-KIS Melalui Media Cetak Pamflet.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dekan FKM Unhas Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH.,Ph.D., Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Wahiduddin, SKM., M.Kes., Camat Kecamatan Sangkarrang Bapak Ramli Lailo, S.Pd, Staf Ladokgi Yos Sudarso Makassar Letkol Laut (K/W) Dr. drg. Lusy Damayanti Sp. KGA, Staf Dispotmar Lantamal VI Mayor Marinir Zazad Sudarajat, Staf Diskes Lantamal VI, Lurah Barrang Lompo, Kapuskes Barrang Lompo, Babinsa Barrang Lompo, Bhabinkamtibmas Barrang Lompo, Para Guru Besar FKM Unhas, Dosen/ Tendik FKM Unhas, Mahaasiswa S1, S2, dan S3 FKM Unhas serta Mayarakat Kecamatan Sangkarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.