Peringatan Hari Nusantara, Komandan Lantamal VI Hadiri Pelepasan Tukik dan Penanaman Mangrove di Wakatobi

TNI AL, Lantamal VI, 13 Desember 2022. Peringatan Hari Nusantara Tahun 2022, Komandan Lantamal VI Makassar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Kasman S.E M.M menghadiri acara pelepasan tukik dan penanaman mangrove bertempat di wilayah pesisir pantai Melai One, Desa Matahora, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin lalu, (12/12/2022).

Pelepasan tukik dan penanaman mangrove secara simbolis dilaksanakan oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Kasal) Mayor Jenderal TNI Marinir Nur Alamsyah dan dihadiri Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han) dan Bupati Wakatobi H. Haliana, SE serta sejumlah undangan.

Aspotmar Kasal Mayor Jenderal TNI Marinir Nur Alamsyah mengatakan penanaman Mangrove dan pelepasan Tukik itu perlu dijadikan sebagai langkah untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem. Sebagai upaya pemulihan konservasi di wilayah Kabupaten Wakatobi dan sekitarnya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut memelihara dan menjaga pohon Mangrove serta Tukik agar dapat tumbuh dan berkembang lebih baik,” kata Aspotmar Kasal.

Sementara itu, Komandan Lantamal VI mengatakan sebagai salah satu acara memperingati Hari Nusantara, sebanyak 100 ekor tukik dilepaskan ke laut bebas dan penanaman tak kurang dari 15.000 bibit mangrove di Pantai Melai One, Desa Matahora, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara,

Kegiatan ini dilaksanakan guna menjaga Wakatobi sebagai kawasan konservasi yang layak dipertahankan dan menjadi percontohan yang selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara#tnial_lantamalvi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.